Tuesday, January 28, 2014

JENIS / VARIAN PROFESI DI BIDANG KULINER


Assalamu Alaikum Wr.Wb.




            Jadi ginii , besok gituuuu HUAKAKA #garing. Eh gak deng, jadi gini kan sebenernya saya menulis artikel ini karena saya mahasiswa di bidang kuliner. Saya yakin ada beberapa temen" yang berkecimpung di dunia kuliner juga masih belom punya bayangan tentang berbagai jenis profesi yang mungkin kita orang bisa geluti. Kebanyakan orang kan gitu dah yah masuk sekolah kuliner pengen jadi chef di hotel ato restoran aja , padahal masih banyak sebaran kemungkinan profesi yang masih bisa berhubungan sama ilmu yang kita pelajari. Berikut beberapa contohnye yahhh , yuk CEKIDOT : 



1. PENGUJI MAKANAN / KITCHEN TEST



Nah jadi yang dikerjain sama orang ini sebenernya eksperimen tentang cara pengolahan makanan dan serba serbi pembuatan makanan tersebut. Biasanya profesi ini dipakai oleh perusahaan-perusahaan yang ingin menentukan suatu standar resep baku yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, dia harus mengetahui dasar dasar cara pembuatan makanan serta penulisan suatu resep, entah itu berupa snack , kue , roti , makanan utama dsb. Nah kalo kita mau pekerjaan yang bisa mengeksplor kreatifitas seluas mungkin, bisa jadi penguji makanan ini salah satu pilihan yang tepat :) .




2. PENATA SAJI / FOOD STYLIST



Wah  kalo profesi yang satu ini juga memerlukan kreatifitas yang lumayan tinggi nih. Gimana enggak , soalnya kita harus bisa mempresentasikan suatu makanan yang tadinya biasa biasa aja menjadi suatu paduan penataan yang WAW diatas sebuah piring. Jaman sekarang makanan bukan lagi cuman sekedar bikin kenyang kan ? haha. Sekarang masyarakat mulai memperhatikan aspek penampilan untuk dapat membeli / menikmati makanan. Biasanya seorang food sylist bekerja untuk pengiklanan produk jasa kuliner, seperti majalah majalah masak, mendesign banner/flyer untuk event bertemakan kuliner dan masih banyak lagi deh. Gimana ? berminat jadi food stylist ? hihihi .... 




3.  PEMBANTU DAPUR  / COOK HELPER


Cook Helper ?? ehh jangan salah sangka dulu nih wkwkwk. Yang dimaksud cook helper disini tuh misalkan kita menjadi assisten pribadi dari suatu chef ternama. Coba aja kebayang gak misalkan bisa jadi assisten pribadinya Gordon Ramsay , hahaha. Nah yang kita kerjain bukan sekedar bantu bantu doi di dapur gan. Seorang Chef Professional kan butuh seorang asisten yang pengetahuannya cukup mendalam tentang bahan bahan masakan, hygiene & sanitasi dapur, terus harus menguasai penyimpanan bahan makanan dan segambreng pengetahuan lainnya. Emang sih kita mungkin gak nongol di tipi tipi kayak doi, tapi tetep aja kita menjadi "tangan kanan" si chef tersebut dalam banyak urusan yang sebenernya detail, tapi si chef gk mau berepot repot dalam ngatur hal tsb. Wah kalo gaji jangan ditanya gan , wkwkwk.

 Salah satu jalannya bisa aja kita ngelamar program apprenticeships yang diadain di restoran restoran besar, siapa aja yang punya restoran kecantol ama kite dan mau ngejadiin kita sebagai assisten pribadi gitu wkwkwk  #ngarep




4. AHLI GIZI / NUTRITIONIST


Jaman sekarang masyarakat uda mulai sadar kesehatan dalam menentukan makanan yang akan mereka konsumsi. Industri makanan pun banyak yang memboyong konsep "Healthy Food" sebagai andalan mereka. Nah dengan paradigma ini banyak tenaga ahli gizi yang diperlukan untuk mengakomodir perubahan perubahan trend tersebut. 

Misalkan ada perusahaan penyedia jasa catering khusus orang orang berpenyakit tertentu seperti, penderita diabetes, asam urat, jantung koroner dan berbagai penyakit lainnya Mereka kan butuh specal food yang gak mengakibatkan memperparahnya kondisi penyakit yang mereka uda miliki. Disini peran Nutritionist sangat dibutuhkan dalam menyusun menu serta pengaturan pola makan yang sesuai. 

Selain itu banyak juga ahli gizi yang dibutuhkan untuk penguji pada suatu produk makanan apakah makanan tersebut layak dikonsumsi secara umum atau tidak (Food Quality Controller). Contohnya para nutritionist pada LPPOM , LIPI dan lembaga lembaga sejenisnya.




5. PENCIPTA RASA / SEASONING CREATOR


Profesi yang satu ini bisa kita lihat sebagai salah satu inti penentu apakah produk makanan dari suatu  perusahaan tersebut akan mudah diterima pasar atau tidak. Tugas dari seorang pencipta rasa yaitu menemukan racikan bumbu yang pas dan sesuai pada jenis makanan tertentu, yang kemudian racikan tersebut akan menjadi acuan dalam pembuatan makanan tersebut.

Biasanya perusahaan perusahaan makanan ringan / makanan setengah jadi memerlukan suatu standar rasa yang bisa deiterima oleh massyarakat umum. Oleh karena itu mereka menggunakan orang yang memang memiliki kompetensi dalam peggabungan beberapa jenis rasa dalam suatu makanan. 




6. PENYEDIA JASA KATERING


Nah tentunya yang ini udah gak asing lagi yah. Katering biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam suatu event ataupun acara acara yang memerlukan konsumsi dalam jumlah tertentu. Jaman sekarang pun katering juga uda mulai banyak variasinya gan, mulai dari katering bermenu tradisonal , katering menu western , katering khusus rumah sakit, katering untuk makanan sehat, dan masih banyak lagi deh. Kalau ingin menggeluti bidang usaha ini tentunya diperlukan ketersediaan peralatan" penunjang untuk proses produksinya dong yah . 

Selain itu pengolahan katering tidak bisa disamakan dengan pengolahan restoran karna pada pengolahan katering kita harus bisa menyesuaikan diri terhadap jumlah order/ venue/ jenis makanan / permintaan permintaan lain dari klien , gimana nih ? mau bisnis katering ? boleh kooo ..... tak kesah. hihihi 




7. KOKI PRIBADI / PERSONAL CHEF


Wuihhh Personal Chef .. KECE BADAI ! . Nah kalo kiranya kita males bekerja 6 hari seminggu di hotel yang gitu gitu aja (baca : suram) , jadi personal chef bisa jadi pilihan juga. Jadi kita kerjanya tunggu di order sama orang yang pengen di rumah/perusahaannya pengen acara yang make live cooking. Jaman sekarang uda mulaai banyak nih yang menggeluti bidang profesi ini, soalnya enak gan waktu gak tersita, jadwal kerja bisa diatur sendiri, waktu lainnya bisa dipake jalanin bisnis ato gak santai santai aja sama istri dan anak di rumah makan ayam pop GG, wkwkwk.



8. RESTAURANT OWNER


Menjadi pengusaha di bidang restoran sih sangat menjanjikan kalau dilihat dari prospeknya. Kebutuhan masyarakat untuk "makan diluar" pun semakin meningkat seiring era globalisasi di masa kini. Banyak alasan untuk memakan makanan di restoran, mulai dari kepraktisan, mudah di dapat , waktu kerja yang tidak memungkinkan makan di rumah, kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga/kolega, dan masih banyak lagi. Dalam melihat peluang ini para pengusaha restoran terus berinovasi agar produknya tetap bertahan pada mekanisme pasar. Membuat restoran memang tidak mudah dalam perjalanannya, namun selama ada niat pasti ada jalan kok :) , yang penting kita harus tahan banting aja menghadapi berbagai macam kemungkinan fluktuasi yang ada di pasar. Kalo masalah teknis kita bisa belajar sambil ngejalanin usahanya gan. okeeee ? berminat buka restoran ? kontak ane boleh donggg .... hehehe




9. FOTOGRAFER MAKANANAN / FOOD PHOTOGRAPHER


Nah bagi temen temen yang hobi selca (baca: narsis geje) #no offense yah wkwkwk , mendingan menyalurkan hobi dan gairahnya menjadi food photographer aja nih gan. Selain bisa menyalurkan hobi putu putu nya bisa sekalian ngehasilin duit kok gan. Biasanya banyak nih media media masa dalam hal kuliner yang membutuhkan figur makanan yang baik dan bisa merepresentasikan produk yang ingin mereka tunjukan pada masyarakat. Teknik fokus, lighting, shading , fade out #gwngasal dibutuhkan untuk menghasilkan suatu hasil tampilan akhir berupa foto makanan yang menggiurkan seperti aslinya , hahaha.




10. PEGAWAI DAPUR RUMAH SAKIT


Profesi yang satu ini memang agak merepotkan gan. Selain butuh ilmu pengetahuan dalam hal masak memasak, pekerjaan ini juga harus mengetahui spesifikasi penyakit dan penanganan yang unik terhadap berbagai macam jenis penyakit. Diperlukan tim yang solid antara dokter , ahli gizi , maupun chef yang bekerja dalam hotel tersebut agar kualitas makana tetap terkontrol. Jika ada kesalahan sedikit saja terjadi dalam pembuatan makanan disini maka akibat yang ditimbulkan bisa cukup parah. karna mungkin mengandung bahan bahan yang tidak bisa di tolerir oleh tubuh si pasien. gimana sis/bro ? tertarik juga nih jadi staff dapur rumah sakit ? 




11. KRITIKUS MAKANAN / FOOD CRITICS


Food Critics, kendengerannya aja uda horror yah gan , wkwkwk. Sebenernya sih gak gitu gitu amat wkwkwk. Seorang pengkritik makanan tentunya harus menguasai benar aspek aspek Food Quality Points. Untuk menjadi kritikus makanan memang perlu pengalaman yang tidak sebentar. Aspek aspek berupa rasa , warna , tekstur, penampilan, nilai nutrisi dan aroma pada suatu makanan menjadi beberapa faktor dasar untuk menilai makanan tersebut. Pandangan seorang kritikus makanan ternama dapat berupa senjata yang membangun citra suatu makanan dan dapat pula menjatuhkan citra makanan tersebut di mata masyrakat awam. 




12. PENULIS MAKANAN / FOOD WRITER


Memiliki hobi menulis dapat bermanfaat juga kok bagi seorang yang berkecimpung di dunia kuliner. Jika kita sering ngutak ngatik resep mungkin ada kan beberapa point penting yang kita tulis sebagai catatan informasi yang baru kita ketahui saat memasak makanan tsb. Nah resep ditambah dengan catatan- catatan kecil tersebut kan bisa berguna bagi orang lain yang ingin mencoba resep tersebut. Mulai dari skala kecil-kecilan kita bisa mencoba nulis beberapa resep inovasi kita dan dituangkan ke dalam bentuk buku tuh , hehe. kalo mau lebih niat mah coba kasi ke penerbit untung untung inyo mau nerbitin nya kan. Bisa juga kita taro hasil tulisan tulisan kita di media masa lainnya seperti Blog, Web yg memuat resep resep ,Koran & Majalah kuliner dan masih banyak lagi dah. Lumayan kan hobi bisa ngehasilin duit juga : )




13. PEMBAWA ACARA MAKANAN / FOOD PRESENTER


Nah kalo yang satu ini kata gw mah best job in the world dah. Udalah makan makan enak melulu , jalan jalan melulu , di bayar mahal pula , terkenal pula , idup pula. wkwkwk . Bisa aja nih kawan misalkan kita mau jadi food presenter tapi ada beberapa syarat utama sih :

Pertama : Gak boleh milih milih makanan, yah keleus aja pembawa acara masak milih milih makanan, yah gk bisa kemana mana dah tu acara. 
Kedua : Harus pinter ngomong bahkan melebih lebihkan makanan yang sedang di presentasikan , kudu pisan. 
Ketiga : Yah kalo jadi pembawa acara gini, siap siap aja ninggalin keluarga jauh jauh, kan acara nya sering kemana mana, berarti kudu siap ninggalin keluarga dong yah :(
Keempat :  Ati-ati nih ama kesehatan nih, Banyak minum air putih , makan sayur & buah, dan rutin olahraga. Kolestrol sama tekanan darah harus di cek setiap minggu, masa mau ngorbanin kesehatan di masa depan gara gara pekerjaan sih ,hihi.

Yah begitulah kira kira pendapat ane tentang food presenter , emang pasti ada kelebihannya dan ada kekurangannya dong : )



14. KOKI SELEBRITI / CELEBRITY CHEF


Kalo yang satu ini gan , uda lah kece , gaul , berduit , Cetar Membahana dah pokoknya , wkwkwk. Kayaknya jadi chef yang ngebawain acara masak terlihat "Flawless" deh bagi sebagian orang. Tapi yang kudu diperhatiin juga kualitas si orang tersebut nih , gak mungkin dong orang sembarangan yang bisa masak terus langsung ngebawain acara masak . ckckck. Berikut minimal requirement nya deh :

1. Minimal gak jelek jelek amat sih, yah pokoknya menarik deh #DuniaKejam hiks hiks  :(
2. Pede Mampus.
3. Pinter ngebawa suasana yang santai.
4. Bersih dan rapih kerjanya.
5. Selalu senyum saja ,walaupun sdg ada masalah apapun.
6. faham metode memasak dan menyampaikannya dengan baik pula.



15. PENGENDALI BIAYA MAKANAN / FOOD COST CONTROLLER


Profesi yang ini menurut ane paling ngebutuhin ketelitian gan. Kinerja seorang Food Cost Controller dapat mencerminkan profitabilitas dari perusaahan tersebut. Pada dasarnya seorang Cost Controller harus menguasai betul aspek aspek yang menentukan food cost itu sendiri. Selain itu dia juga harus jeli terhadap fluktuasi harga pasaran. 

Kemampuan untuk mengkalkulasi biaya makanan dapat ditinjau dari berbagai aspek seperti penguasaan pengetahuan tentang harga bahan makanan , penulisan akuntansi keuangan , termasuk pula bagaimana penentuan menu dan harga yang sesuai dengan segmen pasar yang dituju. Biasanya seorang Executive Chef minimal harus dapat melakukan fungsi dasar cost control sebagai acuannya dalam menentukan kebijakan restoran tersebut. Tujuan utama seorang Food Cost Controller menurut saya adalah menciptakan makanan pada kualitas terbaik dengan harga terbaik yang dapat dicapai untuk maksimum profit.



LAST BUT NOT LEAST.....


16. PENGUSAHA PROPERTI,  PEMBUDIDAYA JAMUR , BAPAK YANG MENGAYOMI KELUARGANYA. 


Ehehehe , sorry nih kalo yang ini mah cita cita ane. Ane mah prefer sesuatu pekerjaan yang gak begitu makan waktu di luar rumah bgt bro/sis. Mendingan bisnis di rumah kan biar bisa nyantai sama anak & bini sambil makan gado gado sama ayam pop GG. Emang agak gak berhubungan sama kuliner  kali yah wkwkwk. Tapi ane pernah denger kalo kita share apa yg jadi impian kita, maka keinginan tersebut lebih cepat terkabul. Wallahu a'lam. 


Yah, sekian yah tulisan ane ini semoga bermanfaat bagi para kitcheners yah. Sebenernya masih banyak profesi profesi lain yg berhubungan ama kuliner tapi penulisnya capek ah , laen kali lanjut lagi yah ,see you in next post thank youuuuu , love you all .............




Wassalamu Alaikum Wr. Wb.






Source : http://intisari-online.com/read/18-profesi-dunia-kuliner
latimesblogs.latimes.com 
blogs.ocweekly.com
superflat.typepad.com
sheknows.com
blogs.villagevoice.com

dan beberapa pendapat penulis..
Searchtag :JENIS VARIAN PROFESI DI BIDANG KULINER 

Ilustrasi gambar bukan merupakan milik penulis dan hanya sebagai alat visualisasi , diperoleh dari image pada search google dengan pemilik gambar yang acak.

2 comments: