Sunday, December 10, 2017

DIGITAL MARKETING MELALUI BAURAN PEMASARAN?

Digital marketing itu apa sih ? trus cara kerjanya gimana juga sih ?

Nah disini saya akan coba ngeshare apa yang saya ngerti dari cara kerja digital marketing
Jadi sebenernya digital marketing itu adalah usaha dari suatu perusahaan atau individu untuk memasarkan produk/jasa melalui media maya/ media elektronik.  Produk tersebut apabila dalam bentuk barang, bisa saja tidak perlu workshop/toko fisik untuk dapat melakukan berjualan secara online. Sebaliknya apabila produknya adalah produk jasa, maka tujuannya untuk dapat menarik calon customer agar mau membeli/menggunakan jasa yang kita tawarkan.

Pada dasarnya mekanisme pasar bekerja seperti dibawah ini,


  • ·         Pemasok bahan baku (Supplier ) memasok bahan baku mentah ke perusahaan kita dan perusahaan pesaing kita,
  • ·         kemudian perusahaan kita dan perusahaan pesaing akan memproses bahan mentah tersebut dan dijadikan produk akhir untuk memenuhi kebutuhan dari masyarakat.
  • ·         Produk yang akan diciptakan oleh kita dan pesaing kita akan memiliki karakter produk masing masing yang tercermin dari tujuan utama dari perusahaan tersebut
  • ·         Setelah produk telah jadi , maka perusahaan akan melakukan distribusi produk tersebut beberapa jenis channel untuk sampai kepada segmen market yang dituju.

Disini saya akan mencoba menjabarkan bagaimana produk dari Bisnis Online yang kita miliki dapat melakukan strategi pemasaran melalui  bauran pemasaran (Marketing Mix) :

Disini saya akan mencoba menjabarkan bagaimana produk daroi Bisnis Online yang kita miliki dapat melakukan strategi pemasaran melalui  bauran pemasaran (Marketing Mix) :

  1.   Product ( Produk )


Produk adalah sesuatu yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan atau keinginan dari segmen market yang dituju. Namun apabila dilihat dari sudut pandang konsumen, maka produk harus dapat menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi sang konsumen tersebut.
Produk terbagi menjadi 2 yaitu produk barang dan produk jasa. Dalam karakteristik produk barang maka akan ada standar untuk produk tersebut. Namun dalam dunia Hospitaliti mayoritas produknya berupa produk jasa:
·         Intangibility : Produknya tidak kasat mata, namun dapat dirasakan. Contoh : keramahan, responsive terhadap permintaan dll.
·         Variability : Produk yang sama belum tentu dapat memenuhi kebutuhan dari konsumen yang sama.
·         Perishability : Dalam Industri jasa, perusahaan akan mengalami loss opportunity apabila gagal mendapatkan prosepek dari yang kita mau.
·         Inseparability : Maksudnya diproduksi dan dikonsumsi pada saat yang bersamaan, dan juga tidak ada transfer kepemilikan dalam transaksinya.



2.       2 .Price (Harga)
Dalam penentuan harga produk ada beberapa pendekatan yang dilakukan yaitu :
·         Cost Based : Harga disesuaikan dengan persentasinya terhadap biaya dari produk tersebut.
·         Competitor Based : Harga disesuaikan dengan harga pesaing dan harga produk sejenis pada umumnya, dan kemudian disesuaikan dengan nilai tambah dari produk kita masing masing.
·         Market Based (Market Discrimination) : Harga ditentukan oleh segmen market sang calon pembeli. Misalkan rate hotel untuk korporasi akan berbeda dengan rate untuk tamu yang melalui Travel Agent

3.      3.  Place ( Saluran DIstribusi )

Saluran Distribusi yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan dapat berupa beberapa bentuk. Ada produk yang membutuhkan toko fisik dan ada juga produk yang tidak membutuhkan toko fisik. Sedangkan dalam industry jasa maka place adalah sarana pertemuan dari pihak produsen dengan pihak konsumen.  Ada 2 strategi dasar dalam distribusi sebuah Produk yaitu :

·         Push Strategy : Perusahaan akan mendistribusikan produknya dengan beberapa perantara secara berurut yakni dari Perusahaan > Wholesaler > Agents > Retailer  > Customer.  Jadi informasi yang di dapatkan oleh konsumen mayoritas berasal dari pihak Retailer yang menjualnya.



·         Pull Strategy : Perusahaan akan langsung melakukan Edukasi dan Direct Selling terhadap si Calon Customer, kemudian apabila konumen ingin mendapatkan produknya maka mereka akan dapat menemukan di beberapa Retailer dan Retailer pun akan mencari ke Agent , Wholesaler dst.



4.      4.  Promotion

Untuk mengenalkan produk pada masyarakat, maka perusahaan perlu melakukan promosi produknya terhadap segmen market yang telah ditentukannya. Ada 4 cara bauran promosi yang dapat dilakukan yakni :

·         Advertising (Pengiklanan) : Yaitu dengan cara memasang iklan di beberapa media online ,media cetak , maupun seperti Baliho dll. Tujuan dari periklanan adalah untuk Awareness konsumen terhadap produk kita.
·         Personal Selling : adalah cara promosi yang dilakukan oleh pihak perusahaan langsung kepada si calon konsumennya. Ini adalah satu-satunya bentuk promosi 2 arah yang dimana calon konsumennya dapat langsung bertanya tentang produk terhadap pihak produsen
·         Direct Marketing : yaitu apabila tools marketing dari pihak perusahaan langsung sampai pada pihak konsumen.
·         Public Relation : adalah bentuk promosi untuk meningkatkan Citra (Branding) dari sebuah perusahaan. PR dapat juga dilakukan dengan sosialisasi terhadap Jurnalis media cetak dan media online untuk datang dan melakukan review dari produk yang kita berikan.
·         Sales Promotion : Yakni Perusahaan mengadakan event, pameran, discount dan acara sejenis untuk menarik pelanggan untuk mengetahui lebih dalam tentang produk yang ditawarkan dan tentunya menjadi keputusan untuk pembelian

Jadi Perusahaan Jaman Now tentunya mesti mengaplikasikan Bauran Pemasaran dalam dunia Digital Marketing apabila ingin Konsumen dapat mengetahui Produk yang ditawarkan. Terlebih lagi dalam BisnisOnline maka perusahaan harus betul betul menciptakan produk dan strategi yang baik untuk menjadi competitive advantages dalam dunia persaingan pasar.

2 comments:

  1. sangat tepat sekali tahu tentang digital marketing pada dasarnya semua perusahaan perlu marketing/pemasaran sedangkan digital adalah media saat ini yang sangat efektif dan efisien

    ReplyDelete